Pengertian Router dan Jenisnya

Adakah yang sudah mengetahui router?? router adalah salah satu perangkat keras yang ada pada jaringan komputer. Pada kesempatan ini akan menjelaskan mengenai jenis router dan juga fungsinya. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Router

Router adalah salah satu bentuk perangkat keras yang ada pada jaringan komputer guna untuk menghubungkan beberapa jaringan baik itu jaringan yang sama dari jenis teknologinya maupun yang berbeda.

Arti lain dari router adalah hardware atau perangkat keras yang berada pada jaringan komputer gunanya untuk mengirimkan paket data atau internet hanya dengan jaringan komputer sehingga dengan mudah memindahkannya dari perangkat komputer yang satu ke perangkat komputer lainnya, hal tersebut biasanya disebut juga sebagai routing.

Di dalam router tersebut terdapat DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)sehingga dengan demikian dapat disetting sedemikian rupa sehinga dapat membagi IP address.

Jenis – Jenis Router

Adapun jenis router terdiri dari dua yakni berdasarkan pengaplikasiannya dan mekanismenya. Berikut penjelasannya:

1. Berdasarkan Pengaplikasiannya

Jenis router berdasarkan pengaplikasiannya terdiri dari tiga yakni:

a. Router aplikasi, yakni aplikasi yang bisa di instal oleh pengguna komputer sehingga pada sistem operasinya komputer tersebut dapat bekerja pada umumnya router tersebut. Adapun aplikasinya adalah

  • WinProxy
  • Wingate
  • Winroute
  • Spygate.

b. Router hardware, adalah perangkat keras yang memiliki kapasitas seperti router. Sehingga perangkat keras tersebut dapat digunakan sebagai:

  • Membagikan alamat IP (address)
  • Dapat memberikan jaringan internet di suatu wilayah tersebut.

c. Router PC, yakni komputer yang memiliki spesifikasi tinggi kemudian diubah atau dimodifikasi sehingga dengan begitu dapat berfungsi sebagai router.

2. Berdasarkan Mekanismenya

Berdasarkan mekanismenya terdiri dari:

a. Router statis, adalah jenis router yang dapat melakukan suatu proses routing pada suatu jaringan yang dilakukan dengan manual oleh eksekutifnya.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

b. Router dinamis, yakni jenis router yang melakukan proses routing kemudian berjalan secara otomatis dan secara terus menerus (bergerak) setelah menjalankan beberapa pengaturan oleh eksekutifnya.

c. Router Wireless, yakni jenis router yang dapat bekerja tanpa adanya kabel karena digunakan hanya dengan udara saja untuk dapat mengirimkan paket data.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Router dan Jenisnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂