percetakan majalah terbaik di Surabaya

Majalah sebagai Media dengan Aktualitas Tinggi

Majalah merupakan media komunikasi yang berisi kumpulan berita, artikel, informasi, kisah, opini, serta hiburan dengan ilustrasi pendukung berupa gambar atau foto. Majalah umumnya menyajikan informasi secara tajam dan mendalam dengan nilai aktualitas yang panjang. Majalah diterbitkan secara berkala, mulai dari mingguan, tengah bulanan (dwimingguan), hingga bulanan. Majalah dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan segmentasi isinya, misalnya majalah ekonomi, olahraga, seni, sastra, budaya, ilmu pengetahuan, pria, wanita, anak-anak, dan sebagainya.

percetakan majalah terbaik di Surabaya

Karakteristik, kelebihan dan kekurangan, serta manfaat majalah

Majalah merupakan salah satu jenis media massa yang tergolong sederhana. Meski begitu, majalah memiliki karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dari surat kabar maupun media cetak lainnya. Berikut ini uraiannya.

 

  • Disajikan secara lengkap Umumnya, majalah diterbitkan secara berkala, mulai dari mingguan, tengah bulan atau dwimingguan, hingga bulanan. Frekuensi penerbitan yang relatif lebih lama memengaruhi dalamnya informasi yang ditampilkan. Berita yang dimuat disajikan secara detil dengan latar belakang peristiwa (unsur why) yang lengkap. Unsur how atau peristiwa dan kronologinya diulas secara runtut.
  • Aktualitas relatif lebih lamaNilai aktualitas yang lebih lama merupakan salah satu karakter pembeda majalah dan surat kabar. Aktualitas berita surat kabar biasanya hanya berumur sehari sedangkan pada majalah bisa bergantung pada frekuensi terbitnya (umumnya mencapai satu minggu). Bila kita membaca berita yang dimuat dalam surat kabar yang terbit dua atau tiga hari sebelumnya, maka aktualitasnya pun hilang. Namun sebaliknya, aktualitas berita dalam majalah dapat bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama.
  • Ilustrasi dan foto pendukung lebih banyakMajalah biasanya memiliki banyak halaman sehingga dapat mengakomodasi berita yang mendalam dan terperinci. Banyaknya halaman juga memungkinkan penerbit untuk menampilkan beragam ilustrasi dan foto pendukung isi sekaligus memercantik tampilan majalah. Majalah dibuat dengan kertas berkualitas baik sehingga gambar yang ditampilkan pun menjadi lebih menarik.
  • Foto atau gambar sampulTak hanya gambar ilustrasi dan foto pendukung saja, majalah juga dilengkapi dengan sampul (cover) yang menarik. Kertas yang digunakan sebagai sampul pun berkualitas bagus sehingga dapat menampilkan foto atau gambar dengan baik. Desain sampul pun biasanya bersifat unik sesuai dengan tipe dan kekhasan majalah tersebut. Ibarat aksesoris, sampul menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca.

 

Sebagai media informasi dan komunikasi cetak, majalah memiliki kelebihan, yakni:

  1. Mampu menjangkau sasaran pasar yang sangat khusus dan spesifik.
  2. Majalah mampu mengangkat nama maupun citra produk yang diiklankan di dalamnya. Kemampuan ini berbanding lurus dengan persepsi sasaran pasar terhadap wibawa (prestise) majalah tersebut.
  3. Majalah umumnya dibaca untuk jangka waktu yang lama (long life span) dan sering dimanfaatkan sebagai referensi yang khusus.
  4. Majalah biasanya menggunakan kertas berkualitas tinggi sehingga tampilan visualnya menjadi lebih menarik jika dibandingkan dengan media cetak lainnya.

 

Meski begitu, majalah juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Frekuensi terbit yang relatif lama membuat majalah menjadi kurang fleksibel. Terutama dalam hal pemesanan iklan karena harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum jadwal penerbitan.
  2. Majalah mematok tarif pemasangan iklan yang lebih tinggi dibandingkan dengan surat kabar.
  3. Distribusi dan penyebaran majalah dianggap lamban jika dibandingkan dengan surat kabar.

 

Majalah yang baik tentunya harus mempunyai fungsi maupun manfaat. Manfaat satu majalah bisa sangat berbeda dengan yang lainnya karena segmentasi yang berbeda pula. Manfaat dan fungsi majalah bagi penerbit adalah sebagai sarana belajar berorganisasi dan komunikasi. Selain itu, majalah bisa menjadi media penyaluran bakat dalam bidang kepenulisan, baik jurnalistik maupun sastra. Majalah juga bisa menjadi media promosi dan investasi bagi penerbit.

Tak hanya untuk penerbit saja, majalah yang baik juga seharusnya bermanfaat bagi para pembacanya. Selain menjadi media komunikasi dan sumber informasi, majalah dapat menjadi media penyalur aspirasi sekaligus penyemai demokrasi bagi pembacanya. Sama halnya dengan manfaat untuk penerbit, majalah juga dapat menjadi media penghibur sekaligus penyalur bakat maupun hobi dalam bidang kepenulisan. Bukan tidak mungkin pembaca dapat belajar menulis melalui majalah sehingga kreatifitas pun semakin terasah.

Artikel persembahan dari Percetakan Famous Surabaya