kuburan kalimulya depok

Lihat Ketersediaan Lahan TPU Kalimulya Depok

Apakah nasib warga Depok sama seperti warga Ibu Kota?

Seperti yang telah diketahui banyak orang, lahan makam di Jakarta sudah hampir tidak ada. Lahan makam baru dihampir seluruh tempat pemakaman umum ternyata tidak lagi tersedia.

Akibatnya, warga Jakarta harus memakamkan jasad dengan cara sistem tumpang atau membawa jenazah keluar kota. Bagi orang berduit bisa beli makam di pemakaman swasta San diego hills

Lalu bagaimana nasib Lahan Kuburan warga Depok?

kuburan kalimulya depok

Sejak dahulu, TPU Kalimulya menjadi andalan warga Depok. Perlu diketahui, ada 3 TPU Kalimulya yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir warga Depok.

Ketiga TPU tersebut adalah:

  • TPU Kalimulya I
  • TPU Kalimulya II 
  • dan TPU Kalimulya III.

Menurut dinas pertamanan dan pemakaman kota Depok, ketiga TPU yang sama-sama berada di Kecamatan Cilodong ini memiliki karakteristik yang berbeda baik dari luas lahan, jenis pemakaman, kondisi area pemakaman, hingga berbeda pula ktersediaan lahan makam yang ada saat ini.

Bagi warga kota Depok, penting sekali mengetahui ketersediaan lahan makam yang masih ada. Sehingga ketika membutuhkannya sudah tidak lagi kebingungan mencari TPU terbaik yang bisa digunakan.

Kali ini, informasi penting termasuk ketersediaan makam di Depok akan dikhususkan mengenai TPU Kalimulya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari ketiga tempat pemakaman umum Kalimulya I, II dan III:

Luas Lahan

Sama-sama berada di Kecamatan Cilodong, namun ketiga TPU Kalimulya memiliki luas lahan yang berbeda. Untuk TPU Kalimulya yang pertama, memiliki luas lahan sekitar 3 hektar.

Untuk luas lahan yang paling besar dimiliki oleh TPU Kalimulya III dengan luas sekitar 3,3 hektar. Sedangkan luas lahan TPU Kalimulya II hanya sekitar 2,2 hektar saja.

Ketersediaan lahan

Warga Depok khususnya di Kecamatan Cilodong sedari dulu menggunakan lahan makam Kalimulya I. Selain karena yang pertama kali dibuat, tempat pemakaman yang satu ini memang berlokasi di area yang strategis.

Kontur tanah di area pemakaman ini juga rata sehingga lebih disukai warga. Akibatnya, dari 3 hektar yang ada kini sudah masuk dalam kategori penuh sesak.

Adanya rencana perluasan area pemakaman tidak bisa diandalkan dalam waktu dekat.

Warga setempat disarankan untuk menggunakan lahan makam di TPU lainnya yang kini masih tersedia banyak lahan makam kosong termasuk di Kalimulya II dan III.

Jenis TPU

Untuk Kalimulya I dan II merupakan tempat pemakaman umum untuk masyarakat umum baik yang beragama Islam maupun non Islam.

Lalu untuk Kalimulya III hanya diperuntukan untuk warga yang beragama non Islam.

Kalimulya I Kelebihan Kapasitas

Bagi warga yang memakamkan jenazah di Kalimulya I pastinya merasakan betul area pemakaman sangat sesak. Hal ini karena menurut data yang ada, TPU ini kelebihan kapasitas.

Dari total lahan yang ada, idealnya hanya sekitar 10 ribu makam saja. Sedangkan faktanya, di Kalimulya I ini mencapai sekitar 11 ribu makam.

Jarak antar makam terasa sangat berdekatan. Sehingga, keluarga yang berziarah makam akan sangat merasakan lahan makam begitu berdempetan dengan lahan makam lainnya.

Hal ini menjadi lebih terasa lagi dimomen ketika TPU dikunjungi banyak orang contohnya ketika bulan puasa tiba atau menjelang lebaran. Khusus untuk TPU Kalimulya I, walaupun sudah dikatakan penuh sesak namun masih bisa menerima pemakaman.

Hal ini lantaran ada rencana perluasan area pemakaman dengan membebaskan lahan sekitar seluas kurang lebih 1500 meter persegi. Dan juga, warga bisa menggunakan sistem tumpang asalkan satu keluarga dan juga makam yang telah dibuat sudah lebih dari 3 tahun.