Kipas Angin Biasa vs Kipas Angin Uap, Mana yang Lebih Baik?

Menentukan pilihan kipas yang tepat ketika Anda sewa kipas air, tentu merupakan hal yang penting dilakukan. Pasalnya, banyak orang yang tidak mengetahui berbagai jenis dari kipas blower. Padahal, di pasaran sendiri banyak sekali jenis kipas blower yang bisa ditemui. Meskipun semuanya sama memiliki daya kekuatan dan kecepatan yang lebih tinggi karena sistem blowernya.

Meskipun begitu, untuk jenis kipas blower ini biasanya hanya terbagi kepada 2 macam saja. Kipas angin blower biasa dan kipas angin blower air. Lantas, dari kedua kipas tersebut bagaimana penjelasan keduanya? Dan mana yang lebih baik disewa sesuai dengan kebutuhan Anda? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kipas Angin

Kebanyakan jenis kipas yang seringkali dipilih ketika masyarakat sewa kipas blower adalah kipas angin biasa. Sesuai namanya, kipas angin ini akan mengeluarkan angin yang diperoleh dari perputaran baling-baling. Nantinya, si baling-baling akan memberikan sensasi tiupan angin ke udara bebas. Di mana dengan tiupan angin inilah, suhu akan terasa lebih dingin dari biasanya.

Kipas angin pun terdiri dari beberapa jenis yang mana bisa dikategorikan dari mulai dimana penempatannya,  berapa ukuran yang dibutuhkan, dan tentunya berdasarkan merk kipas. Biasanya, masyarakat lebih senang menggunakan kipas angin biasa di rumah-rumah. Daya putaran baling-baling yang diberikan cenderung standar. Namun, untuk jenis kipas yang besar, tentu perputarannya akan lebih besar juga.

Kipas Blower Misty

Jenis kipas selanjutnya adalah kipas blower misty atau kipas uap. Jika dilihat dari namanya saja, tentu ada perbedaan. Di mana memang sesuai dengan namanya, kipas ini akan mengeluarkan uap air atau semacam embun ketika baling-baling kipas berputar. Tak heran, pada bagian bawah kipas ini, akan terdapat tabung atau tangki yang nantinya harus diisi dengan air. Pasalnya, jika air di dalam tabung habis, maka kipas tidak bisa berfungsi.

Kebanyakan masyarakat akan sewa kipas blower misty ini ketika akan mengadakan acara-acara besar. Terlebih ketika acaranya dilakukan di luar ruangan. Karena berbahan air, maka kipas ini dianggap punya nilai lebih bagi lingkungan karena lebih ramah. Selain itu, biasanya kipas jenis ini pun punya fitur tambahan seperti untuk penyemprotan pengharum ruangan otomatis, hingga penyemprotan disinfektan atau obat pengusir nyamuk.

Kipas Angin Biasa Vs Kipas Misty, Mana yang Lebih Baik?

Setelah Anda mengetahui penjelasan lengkap mengenai kipas angin biasa dan kipas blower misty, tentu muncul pertanyaan mana yang lebih baik dipilih dan disewa? Ada beberapa pertimbangan atau faktor yang harus diperhatikan. Diantaranya:

  1. Tempat penggunaan (outdoor atau indoor) bisa jadi pemicu pemilihan. Jika Anda ingin menggunakannya di dalam ruangan, maka tidak masalah untuk pilih kipas angin biasa. Namun, jika penggunaannya untuk outdoor memilih jenis misty fan lebih baik dengan fitur uap air yang dihadirkan sehingga bisa membuat udara jadi lebih segar dan lembab.
  2. Luas area dan jumlah orang menjadi faktor penentu ketika akan sewa kipas blower dan menentukan jenisnya. Pasalnya, daya jangkau kipas angin biasa dan kipas misty blower berbeda. Jika memang jangkauannya luas, lebih baik pilih kipas blower misty.
  3. Kegunaan kipas pun perlu dipertimbangkan. Apakah kipas akan digunakan pribadi atau untuk acara. Jika hanya sebagai penggunaan pribadi, maka kipas biasa lebih baik dan murah untuk dipilih.
  4. Faktor selanjutnya adalah masalah fitur yang ingin didapatkan. Jika tidak neko-neko, maka kipas angin biasa sudah cukup. Berbeda jika Anda ingin menggunakan di outdoor, memilih jenis misty fan bisa jadi solusi karena bisa Anda manfaatkan fitur penyemprotan obat pemberantas nyamuk. Jadi acara lebih lancar, nyaman dan bebas dari gangguan nyamuk.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai mana yang lebih tepat ketika akan sewa kipas blower misty atau kipas angin biasanya. Dengan ulasan tersebut, semoga Anda bisa mempertimbangkan pemilihan yang tepat sesuai kebutuhan.