Cara menanam Bunga Bugenvil

Inilah 5 Cara menanam Bunga Bugenvil yang Efektif

Meski bunga bugenvil memiliki banyak mitos yang sudah beredar di masyarakat. Tidak membuat banyak orang mengurungkan niat untuk menanam bunga indah yang satu ini. Kali ini Alicia Florist akan memberikan informasi seputar cara menanam bunga bugenvil.

Bunga bugenvil sering disebut dengan kembang kertas. Bunga yang cocok banget di tanam di depan rumah. Dengan berbagai cara, bunga ini dibudidayakan dan dijadikan bisnis bagi kalangan tertentu. Nah, kamu pun tidak salah jika membudidayakan bunga yang satu ini.

Budidaya atau cara menanam bunga ini gampang. Asalkan kamu telaten, sabar, dan teliti, kamu pasti bakalan panen dengan hasil yang maksimal. Bunga yang kamu tanam tentunya akan tumbuh dengan baik dan bisa kamu jual.

Nah, bagaimana cara menanam bunga yang satu ini? Inilah tahap-tahapnya…

Cara Menanam Bunga Bugenvil dari Batang

Cara menanam Bunga Bugenvil

Cara pertama, kamu bisa menggunakan sistem vegetatif untuk menanam bunga yang satu ini. Kamu bisa membuat benih bunga bugenvil dari batangnya. Bagaimana cara menanam bunga bugenvil dengan stek atau dari batang?

Kamu hanya perlu memotong batang yang sudah cukup tua. Jangan terlalu muda, karena bisa jadi belum bisa ditumbuhkan. Setelah kamu potong, cukup tanamkan batang itu pada tanah yang memiliki pH tinggi, kamu juga perlu menancapkan batang itu dengan cukup dalam.

Tanam Pada Pot

Setelah kamu tunggu dan sudah muncul tunas dari batang itu. Kamu harus tahu bagaimana cara menanam bunga begenvil di pot. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu memindah batang itu pada pot.

Pot itu tentunya sudah berisi media tanam yang baik. Kamu bisa memakai tanah. Namun yang terbaik adalah media campuran. Di dalam pot kamu kasih tanah, genting, kerikil, dan pupuk alami. Sehingga, unsur haranya lebih banyak.

Sehingga, bunga bugenvil milikmu akan tumbuh dengan baik karena mendapat suplai unsur hara yang banyak.

Merawat Bunga

Ketika tumbuh dan berkembang, kamu tentu harus merawat bunga bugenvil yang sudah kamu pindahkan ke pot. Setelah dipindah, kamu tidak boleh membiarkannya saja. Kamu tentu harus memantau perkembangan bunga bugenvil yang kamu tanam.

Jika sudah banyak daunnya, kamu boleh memotong daun yang tua agar lebih banyak daun muda yang akan tumbuh. Selain itu, kamu harus memberikan pupuk pada bunga yang kamu tanam. Sebab, kalau tidak pertumbuhannya akan lambat dan berbunganya juga pasti bakalan lama.

Setelah kamu pupuk, jangan lupa pula menyiram bunga kamu sehingga asupan air terpenuhi. Jangan sampai, kamu lupa menyiramnya. Air adalah unsur yang sangat diperlukan oleh tumbuhan bunga bisa tumbuh baik dan cepat.

Memantau Hama

Jika kamu ingin budidaya bunga bugenvil, maka hal yang perlu kamu waspadai adalah hama. Sebab hama adalah hal yang paling merusak dari pertumbuhan bunga bugenvil. Hama ini bisa ulat atau serangga kecil pemakan tubuh bunga bugenvil.

Jika kamu melihat daun yang berlubang, sesegera mungkin kamu harus mencarikan obat pembasmi serangga. Sehingga tanaman kamu tidak rusak akibat hama.

Menikmati Hasilnya

Langkah terakhir adalah langkah dimana kamu menikmati hasil dari bunga menanam atau budidaya bunga bugenvil. Ketika kamu sudah capek-capek menanam, merawat dan menumbuhkan bunga ini, tentu kamu akan melihat bunga ini tumbuh baik dan segar.

***

Itulah 5 cara menanam bunga bugenvil yang harus kamu tahu. Cara-cara di atas bisa kamu terapkan di rumah kamu. Tentu cara-cara di atas sangat gampang, apalagi kamu tidak memiliki kesibukan rutin yang melelahkan. Selamat bertanam….

Baca juga: https://www.banjarmasin.aliciaflorist.com/2020/03/09/jenis-bunga-mawar/