Diet Makanan Mentah? Ini Penjelasannya!

Diet makanan mentah mendapatkan cukup banyak perhatian dan belakangan ini. Bagaimanapun, diet ini memiliki pendukung kuat dari selebriti dan aktor terkenal. Diet makanan mentah benar-benar terdengar seperti diet sehat. Namun bagi beberapa dari kita pasti sangat terkejut dan mempertanyakan khasiatnya. 

Daripada diet jenis lain, diet ini memang terdengar sangat menyakitkan karena kita telah biasa terbiasa dan kecanduan dengan makanan lezat yang telah dimasak atau diolah.

Jadi apakah itu hanya iseng saja? Dan apa manfaat diet makanan mentah?

Mari kita bahas di bawah ini!

Diet makanan mentah adalah tentang mengkonsumsi makanan mentah, tidak diproses, dan sebagian besar organik. Ini berarti bahwa makanan tidak diperbolehkan dipanaskan diatas suhu tertentu. Berapa suhu ini tergantung pada jenis diet makanan mentah Anda. Ya, ada lebih dari satu untuk dipilih. Tetapi biasanya, suhu maksimum berkisar dari 92 derajat fahrenheit hingga 118 derajat fahrenheit.

Jika Anda menyamakan makanan mentah dengan hanya makanan vegetarian, maka ini tidak sepenuhnya benar. Untuk beberapa makanan mentah, hanya sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang diizinkan. Di negara lain, itu juga dapat mencakup ikan, daging, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi seperti susu mentah, keju, atau yoghurt. Ini akan membantu memastikan Anda mendapatkan protein yang sangat dibutuhkan dari sumber makanan lain juga.

Ada banyak manfaat untuk diet makanan mentah. Salah satu alasan utama mengapa orang melakukan diet makanan mentah adalah karena mereka percaya bahwa makanan mentah dapat menyembuhkan atau mengobati beberapa penyakit. Makanan mentah mengandung enzim hidup, sehingga membantu pencernaan. Ini membebaskan enzim tubuh Anda sendiri untuk bekerja pada berbagai proses metabolisme. Sayangnya, sebagian besar enzim dalam makanan dihancurkan melalui pemanasan saat kita memasak dan melalui proses pengawetan untuk dijual.

Manfaat lain untuk diet makanan mentah adalah pada berat badan Anda. Hal ini terjadi hanya karena makanan mentah biasanya memiliki kalori lebih sedikit daripada jenis makanan lainnya. Diet makanan mentah dapat membantu Anda mencapai penurunan berat badan karena Anda harus menghentikan semua junk food atau makanan olahan.

Makanan mentah juga mengandung bakteri dan mikro-organisme lain yang konon dapat membantu keseimbangan flora usus Anda. Mereka dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan proses pencernaan.

Manfaat lain dari diet makanan mentah adalah Anda bisa mendapatkan banyak energi. Ini terjadi karena tubuh Anda dapat lebih mudah mencerna dan menggunakan bahan bakar dari makanan mentah daripada daging dan makanan olahan. Dan juga, makanan mentah memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada makanan yang dimasak, karena nutrisinya tidak semuanya dihancurkan melalui memasak.

Namun, menjalani diet makanan mentah berarti Anda harus menahan diri untuk tidak makan makanan yang dimasak dengan jumlah terkecil sekalipun. Tubuh Anda akan merasa lebih sulit untuk memproses makanan mentah, karena kadar asam di perut Anda akan meningkat.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengkonsumsi suplemen terutama jika Anda hanya diet makanan mentah vegetarian saja. Vitamin B12 adalah salah satu suplemen yang banyak kekurangan zat vegetarian, karena ditemukan dalam daging dan produk hewani lainnya.

Sulit untuk mendapatkannya dalam sayuran dan buah-buahan mentah. Beberapa suplemen lain yang biasanya diperlukan adalah seng dan tembaga, karena mereka dapat ditemukan dalam daging. Mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan juga dapat membantu Anda mendapatkan beberapa vitamin, karena mereka adalah sumber protein yang sangat baik yang dapat membantu Anda membangun kembali jaringan dan membuat yang baru. Kekurangan kalsium dan protein juga harus diperhatikan, dalam diet makanan mentah.