Cara Pembibitan Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi dan juga nutrisinya, tak heran bila banyak orang berlomba-lomba untuk menanamnya di halaman atau kebun pribadi. Sebelum melakukan proses penanaman, ada baiknya ketahui cara pembibitan pisang terlebih dahulu.

Cara Pembibitan Pisang

Perlu Anda ketahui bahwa pembibitan pisang ini biasanya menggunakan teknik kultur jaringan atau in vitro dan itu membutuhkan biaya yang besar, tak heran jika tunasnya bisa dibanderol dengan harga cukup tinggi. Oleh karena itu, lebih baik Anda melakukan pembibitan sendiri.

Pilih Pohon Induk

Langkah awal yang harus dilakukan ialah mencari serta menentukan pohon induk pisang. Mendengar namanya saja, sudah pasti Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya dikarenakan hal ini sangat berkaitan dengan kualitas dari pohonnya nanti. Anda pilih indukan pisangnya yang telah menghasilkan anakan atau bila perlu pilih pohon pisang hasil dari kultur jaringan dengan memiliki bonggol diameter minimal 15 cm. Pastikan tanaman induk tersebut sehat.

Memperbanyak Bibit Dengan Bonggol

Setelah memilih pohon induk, langkah selanjutnya adalah memperbanyak bibit yang nantinya bisa ditanam lagi sampai tumbuh besar. Adapun tahapannya seperti bibit diambil langsung dari bonggol pisang dan dipisah dari rumpun, bonggol dicuci lalu direndam di dalam larutan fungisida.

Potong batang semunya dan sisakan 20 cm dari pangkal batangnya, buang pelepah daun. Untuk bonggol dari anakan muda, cukup buang titik tumbuh utamanya saja / bonggol baru panen tidak perlu dibuang. Tanam dalam pot, tunas yang tumbuh sekitar 20 cm dapat dipindahkan ke media tanah.

Memperbanyak Bibit Dengan Cara Anakan Pedang

Cara memperbanyak bibit dengan anakan pedang ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan banyak masyarakat yang melakukan cara ini. Bibit pisang yang sudah diperoleh harus segera ditanamkan ke lahan. Perlu Anda ketahui bahwa bahan yang paling baik untuk digunakan yaitu anakan pedangnya memiliki tinggi sekitar 41 hingga 100 cm.

Setelah anakannya dipisah Anda harus segera menanamnya, bila sampai terlambat akan ada serangan dari hama penggerek.

Begitulah penjelasan singkat dari cara pembibitan pisang yang mungkin bisa Anda coba di rumah. Dari beberapa cara yang disebutkan di atas, pilih salah satu yang menurut Anda merupakan cara paling mudah untuk dilakukan.

Kunjungi: https://www.tanam.co.id/