7 Jurus Strategi Marketing Offline Yang Masih di Lakukan Perusahaan Besar Saat Ini

Sekarang adalah zaman modern serba digital, sehingga banyak sekali perusahaan atau usaha yang memakai langkah pemasaran online menjadi sebuah pilihan. Hal utama dipilih karena dapat mudah menjangkau lokasi lebih luas sekali.

Namun sekarang ini ada juga yang tetap menerapkan pemasaran secara offline. Karena memang jalan ini masih relevan dengan target market yang ada. Jenisnya sendiri ada banyak pilihannya dan ternyata perusahaan besar juga masih ada yang memakai cara ini.

Lalu apa saja jenis pemasaran offline saat ini yang masih tetap dijalankan, simak :

1. Memakai papan reklame

Tak bisa di pungkiri bahwa cara ini memerlukan biaya yang lumayan besar. Dengan memasang iklan pada sebuah papan reklame yang ada di jalan raya pasti memerlukan biaya gede. Dan ini masih dilakukan oleh beberapa perusahaan. Peletakan posisi di jalan raya ini akan membuat banyak orang melihatnya terutama mereka yang melintas di sekitar situ.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat desain yang menarik terutama tampilan secara visual usahakan sedikit tulisan. Tujuannya adalah agar iklan yang ada ini lebih efektif dan mudah ditangkap maksudnya.

2.Memakai kartu nama

Membagikan kartu nama kepada klien adalah cara yang bisa dilakukan lainnya. Untuk melakukan ini budget yang dikeluarkan tidaklah besar.  Bagaimana melakukannya?? Ini sangat mudah sekali, bagi owner atau bagian marketing bisa memberikan secara langsung kepada orang – orang yang ditemui, usahakan memberikan kepada target market anda sehingga tak akan sia – sia juga. Paling mudah dilakukan saat ada acara seminar, gathering, kunjungan bisnis, pelatihan, workshop.

Cara ini akan secara langsung mengenalkan sisi dari perusahaan tersebut kepada orang yang menerima sehingga akan semakin kenal dan bisa terjalin dengan baik kedepannya. Biasanya hal yang dituliskan adalah nama, alamat, no hp hingga nama perusahaan. Keterangan ini yang memudahkan nantinya untuk menghubungi bila ada keperluan.

3. Iklan baris

Di tengah gempuran iklan baris online ternyata untuk bagian offline tetap masih digunakan. Coba saja tengok beberapa koran nasional, majalah yang mana masih ada space untuk menempatkan iklan ini.

4. Konten placement di koran dan majalah

Tak sedikit juga perusahaan akan melakukan sebuah konten placement pada sebuah majalah atau koran. Modelnya ini adalah dengan membuat sebuah tulisan yang menarik dengan gaya bahasa seperti berita atau artikel namun medianya kertas. Seringnya gaya bahasa yang di pakai adalah soft selling yang membuat pembaca masuk dalam alur ceritanya. 

5.Jadi sponsor acara

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dari pihak penyelenggara pastinya akan mendapatkan dana untuk berlangsungnya acara dan untuk pihak pemberi dana akan dipromosikan di acara tersebut. Seringnya nama dan logo dari perusahaan itu akan bertebaran di setiap sudut dan akan sering disebut oleh MCnya.

6. Memakai brosur

Sampai saat ini cara ini masih saja banyak dipakai. Memang bukan sebagai salah satu cara yang bagus namun untuk kalangan tertentu masih bisa diterima dengan baik. Misalkan saja pada acara pameran. Yang mana akan memberikan keterangan singkat seputar perusahaan bahkan kadang dijelaskan mengenai diskon yang ada.

7. Memakai souvenir

Penggunaan souvenir promosi pun masih banyak dilakukan. Hal yang perlu dijalankan adalah memilih barang yang tepat yang bisa mewakili dari perusahaan atau brand yang di promosikan. Dan pastikan memiliki nilai manfaat yang tinggi. Contoh saja memakai souvenir powerbank. Barang elektronik satu ini memiliki fungsi sebagai pemberi daya secara mandiri tanpa harus mencolokkan ke pln. Ini sangat diperlukan sekali bila kehabisan baterai gadget saat di jalan.