8 Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop Yang Sering di Lakukan

Laptop menjadi salah satu barang elektronik yang penting dalam keseharian. Banyak sekali orang yang bergantung padanya mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga pengusaha. Memang sekarang ini bisa dikatakan hampir semua pekerjaan memerlukannya. Saat membeli laptop pertama kali kita akan membaca buku manual. Sepertinya jarang sekali yang melakukan, padahal itu sangat penting sekali.

Dalam keseharian saat memakainya, tak jarang kita tanpa disadari banyak melakukan tindakan yang bisa membuat laptop tersebut malahan menjadi rusak. Mau tahu apa saja??

1. Salah tempat

Buku panduan seringnya hanya dilihat saja tidak pernah diperhatikan secara detail, sehingga banyak yang salah memperlakukan laptop. Seperti halnya dalam memilih ruangan. Usahakan tidak mengoperasikan laptop pada suhu sekitar 34 derajat celcius. Lingkungan yang panas seperti itu membuat tidak bagus dalam proses pendingin laptop sendiri. Namun bila masih kekeh tetap memakai, disarankan untuk menambahkan kipas external karena bisa membantu proses pending.

2. Memasang kabel charger

Sering banget mencolokkan kabel charger ke laptop dulu lalu baru mencolokkan charger ke listik pln. Hal ini sangat keliru sekali, yang tepat adalah dengan mencolokkan charger ke stop kontak listrik pln baru mencolokkan ke colokan laptopnya. 

Mengapa ini tidak bagus??? loncatan daya yang keluar saat pertama kali di colokkan itu masih tidak stabil sehingga bisa membuat motherboard menjadi rusak.

3. Menutup layar sebelum laptop benar – benar mati

Pasti sering sekali dilakukan. Padahal bila ini terjadi maka berdampak tidak baik terhadap laptop sendiri. Yang mana pada keyboard sendiri akan muncul bercak – bercak putih. 

4. Charger masih tercolok selalu

Upayakan untuk selalu men charge ulang baterai bila tinggal 10% saja. Jangan sampai baru sisa 30 % sudah di charger atau malahan sampai habis sekali. Ini akan membuat kemampuan baterai berkurang. Tak jarang membuat baterai menjadi drop.

5. Angkat laptop dengan pegang layarnya

Tanpa memperhatikan dampak setelah itu, mengangkat laptop hanya pada bagian layar monitor ini bisa berakibat buruk loh. Memang berat dari laptop pada dasarnya ringan namun kalau ini di lakukan bisa membuat engsel laptop sendiri patah. Dan bila sudah patah maka harus membawa ke service laptop atau mungkin ke jasa service komputer. Untuk proses perbaikannya membutuhkan waktu tak sebentar dan harganya pun tidak murah.

6. Salah peletakan

Sering sekali pas menggunakan laptop meletakkannya di atas kasur atau di pangku. Memang terasa nyaman dan santai namun sebaiknya ini tidak dilakukan. Sebab udara panas yang keluar dari laptop tertahan di sana. Bahan – bahan tersebut memiliki sifat menyerap dan tidak bisa membuang panas. Alhasil kalau meletakkan di atasnya membuat sirkulasi udara tidak lancar sehingga menjadikan laptop cepat panas bahkan tak sedikit yang overhead.

7. Meletakkan benda cair sekitar laptop

Barang – barang elektronik musuh terbesarnya adalah benda cair. Bila barang elektronik sudah terkena benda cair seperti air kemungkinan besar akan rusak. Maka dari itu jauhkan minuman seperti air putih, teh, kopi, susu, coklat dari laptop secepat mungkin. Jangan sampai hal ini akan membuat laptop jadi rusak.

8. Meletakkan benda berat di atas laptop

Hem…. jangan sampai hal ini anda lakukan. Sekeren dan semahal apapun laptop yang di miliki jangan pernah meletakkan benda di atasnya. Apalagi bebannya berat. Bila ini di lakukan layar lcd bisa saja rusak. Layar lcd ini mudah sekali rusak, tertekan sedikit saja bisa meninggalkan noda hitam. Kalau sampai ini terjadi alamat akan melebar menjadi lebih besar. Selain meninggalkan titik hitam, biasanya akan membuat layar bergaris. Dan lambat laun akan rusak.

Hal diatas tersebut sebenarnya sangat sepele sekali, namun tak jarang banyan yang lalai, sehing bila sudah rusak baru menyesal. Terus kalau sudah rusak bagaimana?? Pastinya agar bisa di gunakan lagi memanggil orang berpengalaman seperti service laptop jakarta yang saat ini melayani perbaikan sekitar ibu kota saja. Tetapi di luar jangkauan tersebut bisa mencari yang terdekat saja.