4 Alasan Marketplace Makin Disukai dan Tips Memilih yang Terbaik

Percaya atau tidak, kecenderungan masyarakat Indonesia saat ini sudah beralih pada jual beli online terutama marketplace. Buktinya, semakin menjamur pasar online dengan berbagai jargon dan penawaran menarik. Contohnya saja, Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Survei yang dilakukan lembaga independen menyebutkan bahwa, pengguna pasar online sudah mencapai ratusan juta perbulan. Angka yang fantastis bukan? Lalu mengapa fenomena ini terjadi dan apa alasan yang melatarbelakanginya? Luangkan waktu Anda untuk memahami informasi lengkapnya.

Alasan Marketplace Makin Disukai Dari Sisi Penjual dan Pembeli

Mari kita kuak alasan dari dua sisi dalam sebuah transaksi, yaitu sisi penjual dan pembeli. Alasannya cukup variatif, tapi memang sedang terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Vaz Business telah merangkum nya untuk anda sebagai berikut.

Penjual

1. Daftar Mudah

Proses menjadi bagian sebuah pasar online sangat mudah, Anda tinggal pilih situs kemudian masukkan data toko melalui formulir yang harus diisi. Selanjutnya tinggal tunggu proses verifikasi hingga dinyatakan siap untuk mulai berjualan.

2. Tidak Pakai Biaya

Anda tidak perlu modal sepeserpun, untuk membuka sebuah toko online di sebuah marketplace. Beda dengan toko konvensional yang butuh modal, lokasi, biaya pendukung operasional.

3. Ikut Promo

Promosi yang Anda lakukan tinggal mengikuti promo yang dilakukan pasar online tersebut. Jadi tak perlu susah payah melakukan promosi sendiri, yang hasilnya belum tentu sesuai harapan.

4. Cepat Dikenal

Ketika Anda memilih pasar online yang berkualitas dari segi pelayanan, hingga performa dalam transaksi jual beli maka otomatis toko online Anda akan cepat dikenal. Apalagi jika menjual barang unik, kekinian, dan sangat dibutuhkan masyarakat.

5. Fasilitas Lengkap

Anda tinggal memanfaatkan fasilitas yang disediakan, untuk membuat sebuah toko online terbaik. Mulai dari tampilan toko yang bisa disesuaikan dengan jenis produk, hingga pilihan metode pembayaran yang ada. Jadi Anda tak perlu ribet mendaftarkan diri ke berbagai platform pendaftaran secara personal.

Pembeli

1. Varian Produk Lengkap

Jenis produk yang tersedia di marketplace lebih lengkap jika dibandingkan toko konvensional. Mulai dari produk utama untuk menunjang kehidupan, hingga produk eksklusif.

Jika Anda tidak menemukan satu produk di sebuah toko, banyak toko online lain yang pastinya punya produk serupa tapi lebih lengkap.

2. Efisiensi Waktu

Daripada harus buang waktu mencari produk ke pasar tradisional atau mall, Anda akan lebih cepat mendapatkan produk dengan membeli secara online. Tinggal mengandalkan pasar online yang sudah menyediakan semua produk yang Anda butuhkan.

3. Membandingkan Harga

Jika Anda merasa sebuah produk di satu toko online masih terasa mahal, tinggal membandingkan harga di toko lain yang menjual produk sama. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga terbaik.

 

Tips Memilih Marketplace Untuk Jualan

Untuk memilih pasar online yang tepat, dibutuhkan tips yang tepat pula. Agar seorang penjual bisa merasakan manfaat luar biasa dari berjualan disana.

1. Kredibilitas

Cek dulu sepak terjang dari pasar online tersebut, bagaimana kepuasan konsumen yang berbelanja disana. Termasuk seperti apa pelayanan yang diberikan kepada konsumen maupun penjual yang bergabung bersama mereka.

2. Kemudahan Transaksi

Pilihlah yang memberikan kemudahan transaksi bagi penjual dan pembeli. Dari sisi penjual tentu kemudahan untuk tarik dana yang sudah masuk melalui transaksi jual beli.

3. Fasilitas Lengkap

Pastikan fasilitas dan fitur pendukung pada pasar online tersebut sudah cukup lengkap, jadi Anda bisa puas menggunakannya untuk berjualan.

 

Saatnya untuk menggunakan magic dari marketplace untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Lakukan dengan sungguh-sungguh supaya eksistensi Anda sebagai salah satu penjual disana semakin mudah dikenal dan mendapat respon positif, alhasil keuntungan akan mengalir lebih deras ke kantong Anda.